Jasa Nilai Tambah Teleponi

Jasa Nilai Tambah Teleponi

Menurut KM 21 Tahun 2001 tentang penyelenggaraan jasa telekomunikasi di Indonesia, ada 3 jenis layanan jasa yang dimasukan ke dalam kategori jasa telekomunikasi, yaitu: Jasa Teleponi dasar, Jasa Nilai Tambah Teleponi (Jasnita) dan Jasa Multimedia.

Untuk Jasa nilai tambah teleponi (Jasnita) atau sering juga disebut Value Added Service (VAS) menurut KM 21 Tahun 2001 meliputi:

  1. Pusat layanan informasi (call centre).
  2. Panggilan premium;
  3. Kartu panggil;
  4. Nomor telepon maya (virtual private phone number);
  5. Rekaman telepon untuk umum;
  6. Store and forward;

Menarik untuk dicermati bahwa dengan adanya perubahan teknologi dan bisnis, beberapa kategori layanan ini telah mengalami perubahan.

Diskusi dengan rekan2 Kominfo dan beberapa penyelenggara Jasnita

Menarik juga bahwa layanan ini bisa jadi akan bersifat ‘multimedia’, sebagai contoh call centre yang berevolusi menjadi ‘contact centre’.

“Today multimedia might be defined as the seamless digital integration of text, graphics, animation, audio, still images, and motion video on a way that provides individual users with high levels of control and interaction” (University of Calgary).

Diskusi dengan rekan2 Kominfo dan beberapa penyelenggara Jasnita

Kita tunggu perkembangan ke depannya… :)

Leave a Reply


3 × = three